Cara Merawat Kursi Tamu Minimalis Ataupun Klasik Ukiran Dengan Benar

Cara Merawat Kursi Tamu Minimalis Ataupun Klasik Ukiran Dengan Benar

Ruang tamu adalah salah satu bagian rumah yang paling penting dan harus dirawat dengan baik. Jika kursi di ruang tamu Anda banyak yang memakai ukiran, maka diperlukan perhatian khusus untuk menjaga kebersihannya. Lantas, bagaimana cara merawat kursi tamu dengan benar ?

5 Cara Merawat Kursi Tamu Minimalis ataupun Klasik Ukiran dengan Benar

  1. Pembersihan lekukan ukiran menggunakan kuas kecil

Hal paling utama yang harus dilakukan untuk merawat kursi ukiran di ruang tamu adalah rutin membersihkan setiap lekukannya. Agar lebih mudah dalam menghilangkan kotoran dan debu, gunakan kuas kecil dengan serat yang halus.

Pembersihan lekukan ini pasti memakan waktu yang lama, sehingga bisa dilakukan sedikit demi sedikit setiap hari atau 1 minggu sekali. Lakukan perawatan ini secara rutin dan teliti agar kursi ukiran Anda tetap terlihat bersih dan kinclong.

2. Penggunaan cairan pembersih khusus furniture

Membersihkan kursi tamu yang dipenuhi ukiran tidak boleh menggunakan cairan sembarangan. Sebaiknya, Anda menggunakan cairan pembersih khusus untuk furniture. Sebab, kandungan cairan khusus akan menjaga kualitas cat dan membuat ukiran tetap tampak bagus.

Cairan pembersih khusus ini bisa Anda temukan di toko bangunan terdekat atau dibeli via e-commerce. Namun, Anda harus menggunakan cairan pembersih ini sesuai takaran yang dianjurkan. Jika penggunaannya berlebihan, justru merusak lapisan cat dari kursi Anda.

3. Penggunaan gel khusus untuk menjaga penampilan

Selain cairan pembersih, kursi ukiran minimalis ataupun klasik yang ada di ruang tamu Anda juga memerlukan gel khusus. Gel atau wax yang digunakan berfungsi untuk membuat tampilan kursi semakin mengkilap dan kinclong.

Sama halnya dengan cairan pembersih, Anda bisa membeli gel ini di beberapa e-commerce terpercaya atau ke toko bangunan terdekat. Gel khusus furniture ukiran biasanya bertekstur agak kental dan berwarna bening.

4. Gunakan lap kering dengan bahan lembut

Perawatan kursi ukiran di ruang tamu tidak hanya menggunakan kuas kecil untuk membersihkan sela-sela ukiran, tetapi juga perlu menggunakan lap kering berbahan lembut. Pembersihan sela-sela tentu saja dilakukan beberapa kali saja dalam seminggu.

Sedangkan untuk pembersihan kursi setiap harinya bisa menggunakan lap kering saja. Jangan sekali-kali menggunakan lap basah tanpa cairan khusus karena bisa merusak lapisan cat dan membuatnya tampilan warna kursi cepat memudar.

5. Pengecatan ulang jika warna memudar

Kursi ukiran mayoritas dibuat dari bahan kayu, baik menggunakan jenis kayu mahoni, jati ataupun balsa. Furniture berbahan kayu biasanya akan dilapisi cat atau pernis, tetapi semakin lama warnanya akan memudar.

Ketika warna kursi ukiran Anda sudah memudar, Anda bisa mengecatnya kembali agar tampilannya tetap bagus dan semakin nyaman dipandang mata. Jangan lupa untuk menambahkan gel atau pernis agar kursi tampak lebih mengkilap dari sebelumnya. Memiliki kursi tamu minimalis maupun klasik penuh ukiran diperlukan perawatan khusus yang harus dilakukan secara rutin. Setidaknya ada 5 cara merawat kursi tamu ukiran yang telah dijelaskan diatas dan bisa langsung Anda praktekkan dengan mudah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *